Selasa, 28 Februari 2017

3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren

3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren
Hikayatsantri.com- Di pesantren, setiap bagian organisasi baik itu dari pengurus dewan guru/asatidz maupun pengurus organisasi santri sendiri mempunyai wewenang khusus dalam menyuruh anggota berdasarkan keperluan  program  kerja masing-masing. Misalnya Bagian Pengajaran dari dewan asatidz yang mewajibkan seluruh santri untuk membawa buku pelajaran kemanapun mereka pergi saat masuk suasana ujian. Sudah barang tentu perintah tersebut wajib ditaati oleh seluruh santri tanpa terkecuali.
Jelas, setiap perintah pasti ada punishment tersendiri bagi mereka yang tidak menaatinya, sama halnya dengan urusan ibadah kita sehari-hari, pasti ada reward dan punishment tersendiri bagi mereka yang menaati, menjalani dan bagi mereka yang melanggarnya.
  • Baca Juga : 

Abu Naum, Istilah Untuk Santri Raja Tidur

Nah, pada kali ini redaksi hikayatsantri.com ingin menjelaskan tentang beberapa hal yang dibebani kepada santri untuk membawa barang/benda tertentu kemanapun mereka pergi dan apapun aktivitasnya. Kecuali dalam aktivitas  dan keadaan tertentu yang dapat dimaklumi, seperti ke kamar mandi dan sebagainya. Tapi, secara umumnya, barang-barang tersebut hampir tidak lupa dibawa oleh santri, karena kalau mereka lupa, bagian tertentu yang memberi perintah akan mengawasi, mengontrol dan memberi hukuman bagi mereka yang tidak menaatinya.
1.     Notebook/Kutaib
3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren
Photo Via Gontorgraphy
Note Book ( Baca : buku catatan kecil, buka notebook laptop, dalam bahasa arab disebut kutaib) adalah barang yang wajib dibawa oleh santri kemanapun mereka pergi. Instruksi membawa notebook (kutaib) sendiri dikeluarkan oleh Bagian Bahasa Santri baik itu dari dewan guru maupun dari pengurus bahasa organisasi santri.
Setiap pagi para santri diberi kosa kata olah bagian bahasa, kemudian para santri mencatatnya di notebook tersebut, ditambah lagi dengan kosa kata sehari-hari yang berkenaan dengan tema tertentu diwajibkan untuk ditulis oleh santri dalam notebook tersebut. Dengan tujuan mereka bisa menghafalnya setiap hari. Selain itu, mereka juga bisa langsung mencatat setiap kosa kata  baru yang mereka dapatkan sehari-hari, misalnya saat santri berbicara dengan ustadznya, kemudian mereka kesulitan pada kosa kata tertentu sehingga pembicaraanya terhenti, disitulah para ustadz akan memberitahu langsung kosa kata yang santri tidak ketahui tadi, ataupun para ustadz akan menyuruh si anak untuk melihat di kamus dan mencatat di notebook tersebut. Inilah salah satu alasan kenapa para santri dibebankan untuk membawa notes kecil tersebut kemanapun mereka pergi.
  • Baca Juga : 

Jangan Ngaku Santri Kalau Belum Follow 6 Akun Instagram Ini. Dijamin Kenangan Kamu Pernah Nyantri Akan Terulang Kembali

Terbukti, dengan notebook tersebut dapat memperkaya kosa kata santri sehari-hari. Dimana ada waktu luang, seperti saat antri, mereka akan menghafal kosa kata tersebut. Metode notebook ini sangat efektif diterapkan dalam meningkatkan kosa kata, baik itu bahasa arab maupun bahasa inggris, karena belajar dengan keadaan sangat mudah diterima oleh si anak.
2.     Papan Nama
3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren
Photo Via Gontorgraphy
Papan nama sendiri berfungsi sebagai identitas santri, yang dilengkapi dengan asal daerah santri atau kelas (tergantung pesantren). Papan nama tersebut  menempel di setiap baju yang dikenakan oleh santri kemanapun dan apapun aktivitasnya.
Dengan jumlah santri yang banyak sudah pasti sangat sulit mengenal namanya, meskipun terkadang dikenal wajahnya, sedangkan namanya rada-rada lupa. Nah, dengan adanya papan nama para guru atau al akh pengurus organisasi dengan mudah memanggil atau mengenali para santri.
Selain itu, papan nama juga berguna untuk mengingat atau mencatat santri yang melanggar disiplin oleh bagian penggerak disiplin, misalnya saat santri terlambat pergi ke mesjid, bagian keamanan (salah satu bagian pengurus organisasi santri) dengan mudah mencatatat namanya dengan menarik papan nama mereka dan kemudian memanggilnya kembali sembari mengembalikan papan nama dan memberi hukuman atas disiplin yang telah dilanggar.
3.     Tas Sandal
3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren
Photo Via Gontorgraphy
Mungkin bagi yang tidak terbiasa menentang tas sandal kemana-mana agak sedikit risih melihat pemandangan santri yang membawa tas sandal kemana-mana. Perasaan kita yang melihat kenapa mereka mau membawa  tas kecil tersebut yang jelas-jelas merepotkan sekali, tidak bebas.
Namun, itulah pesantren. Mengajarkan istilah pencegahan lebih baik baik dari pada mengobati. Kenapa tidak, angka kehilangan sandal di mesjid di Indonesia khususnya tercatat sebagai kasus paling banyak terjadi. Ada yang mengambil secara utuh, atau yang menukar dengan yang lebih baik, ada juga yang berlagak salah ambil sandal. Pokoknya kasus pencurian sandal di mesjid-mesjid adalah kriminal sepele yang rawan terjadi.
Pesantren mencoba mengurangi angka kriminalitas tersebut, dengan mewajibkan santrinya membawa tas sandal. Dengan harapan, kasus kehilangan sandal antara mereka terkurangi.
3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren

Memang, dengan dinamika kehidupan pesantren yang dipenuhi oleh sejumlah santri dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda, tidak menutup kemungkinan pencurian sandal tidak terjadi, bahkan mustahil. Karena hidup dalam lingkungan khalayak ramai, kejahatan kecil-kecilan pasti akan terjadi, apalagi santrinya masih berusia tergolong anak-anak.
Tiga benda inilah yang membenani santri selama hidup di pesantren. Mau tidak mau harus menjalankannya. Dan semua itu ada hikmah dan manfaatnya.

Sekian !


Baca juga artikel ini : 

Bagikan

Jangan lewatkan

3 Benda ini Yang Wajib dibawa oleh Santri Kemanapun Mereka Pergi Selama di Pesantren
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Selasa, 28 Februari 2017 05.11.00 GMT-8

Tas sandal hahahaha, biasanya berbentu kresek hitam kang, santri punya cerita

Reply